Sunday, October 12, 2008

I am Officially an Acquiring Editor in Gramedia Pustaka Utama!

And what is an acquiring editor, you might ask? An editor who acquires manuscripts!

Begini saja, dalam bahasa Indonesia saja daripada salah persepsi. Toh untuk sementara naskah yang dicari untuk diterbitkan menggunakan bahasa Indonesia.

Aku dan isman, alhamdulillah, diberi kepercayaan oleh GPU menyeleksi naskah untuk diterbitkan. Untuk sementara kita konsennya ke nonfiksi dulu. Naskah seperti apa yang dicari? Pertama-tama, aku sarankan coba lihat-lihat dan baca-baca buku nonfiksi terbitan GPU. Naskah yang diutamakan untuk ditilik dan diterbitkan adalah yang...

1. bersifat ringan, menghibur, namun tetap berisi.
2. diutamakan sesuai dengan tren dan memiliki visi yang jelas. Misal, mengirimkan naskah di bulan Oktober, berkaitan dengan Natal, untuk diterbitkan di bulan Desember.
3. tidak terlalu tebal (maksimal 150 halaman A4, spasi 1,5).
4. ditujukan untuk target audience sekitar 15-40 tahun. Tidak harus semua ya. Bisa saja 15-25 tahun, atau 25-40 tahunan...
5. ditulis dengan gaya bahasa yang mudah dicerna namun tidak terlalu "gaul". (Catatan: menggunakan "secara" sangat tidak dianjurkan! Ini preferensi editor sih, hehe.)

Kamu punya naskah seperti itu? Kirimkan saja ke naskahmu@gmail.com ya! Nanti akan ditilik. Paling lama 3 bulan kamu akan mendapatkan umpan balik atau kepastian naskahmu diterima atau tidak.

Mengenai royalti, sistem editing, kontrak, dsb. sesuai dengan standar GPU ya.

Siap untuk menerbitkan karyamu di Gramedia Pustaka Utama? Segera kirimkan naskah nonfiksi terbaikmu!

1 comment:

Anonymous said...

Congrats Donna & Isman kapan-kapan gue kirim ah hehehe

Match Up
Match each word in the left column with its synonym on the right. When finished, click Answer to see the results. Good luck!